Membuat Efek Melipat pada Huruf

Oke sekarang kita melipat sebuah huruf, meskipun efek saja sih, jangan kelamaan baca ini langsung ke TKP saja Boss !!

Langkah 1

Pertama buka photoshop dan buat dokumen baru dengan ukuran sesuka kamu dengan resolusi 300 ppi. Gunakan Paint Bucket Tool (G) untuk memenuhi area dengan warna #e9e3d5. Ketik tulisan yang akan kita beri efek melipat. Untuk font yang digunakan terserah kamu, karena disini saya hanya menjelaskan triknya saja. Saya disini menggunakan font Helvetica CE.


Langkah 2

Duplikat layer teks dengan menekan Ctrl+J lalu ubah warna teks hasil duplikasi ini dengan #55514e. Pada layer palet, klik kanan layer duplikat kemudian pilih Rasterize Type.


Langkah 3

Gunakan Polygonal Lasso Tool (L) untuk menyeleksi bagian dari huruf yang akan kita buat melipat.


Langkah 4

Cut bagian yang ada pada area seleksi dengan menekan Ctrl+X kemudian paste dengan menekan Ctrl+V. Dengan mempaste berarti kita mendapatkan layer baru, ubah nama layer baru ini dengan nama ‘lipatan’.


Langkah 5

Ubah warna lipatan menjadi abu-abu dengan Image > Adjustment > Hue/Saturation (Ctrl+U). AturSaturation menjadi -100 dan Lightness menjadi +60.


Langkah 6

Tekan Ctrl+T lalu transform dan putar sampai menghasilkan seperti berikut.


Langkah 7

Sembunyikan huruf M yang berwarna hitam dengan mengklik gambar mata di sebelah kiri layer pada layer palet. Tekan Ctrl dan klik layer thumbnail dari lipatan untuk membuat seleksi yang menyerupainya. Setelah itu buat gradien halus searah dengan lipatan dengan gradien dari hitam ke transparent.


Langkah 8

Sekarang kita buat bayangan dari lipatan tetapi kita tidak menggunakan Drop Shadow. Gunakan Pen Tool untuk membuat path seperti dibawah.


Tambahkan layer baru dibawah lipatan dan beri nama ‘bayangan bawah’. Buat seleksi menggunakan path diatas, lalu penuhi areanya dengan warna hitam menggunakan Paint Bucket Tool (G). Sekarang klik Filter > Blur > Gaussian Blur, isikan 5px untuk radiusnya.


Langkah terakhir, ubah opacity dari layer bayagan bawah menjadi 70%.




Note : "Anda bisa membuat sebuah kalimat dengan efek huruf melipat, dengan membuat satu demi satu huruf seperti langkah di atas, lipatan tidak harus sama persis, bisa anda buat sesuka anda dimanapun."

Sekian dan semoga bermanfaat :D

SELAMAT MENCOBA !!!

0 Response to "Membuat Efek Melipat pada Huruf"

Post a Comment